Saturday, October 27, 2012

Muse, Amused, Amusement?

Assalamualaikum wr. wb.

Yop. Gue memulai post ini dengan bingung dulu, celingukan cari inspirasi. Gue kangen blogging tapi gatau mau ngepost tentang apa.
Apa mungkin gue mulai dengan skrg gue les di Goethe?
Nggak, jangan. Ribet.
Atau mungkin dengan fakta bahwa kompi gue rusak?
Bisa.
Ato soal Photography Muse 6th yang barengan sama lapanbulanan gue-Lysha?
Bisa.
Hidup gue yg ngampret dari jumat tanggal 19 sampe selasa 23?
Bisa juga.
Myt—
Okefi, stop. Langsung banyol aja.
Jadi…apa tadi? Oia. Mungkin gue mulai di sisi ini dulu: Bioskop 28, ekskur sinem sekolah gue, ikut lomba dokumenter.
Gue jadi editor.
Awalnya gue kira bakal oke2 baik2 mudah2 standar2 saja. Kaya waktu ngedit filmlah. Editan terakhir gue adalah Celengan, ide hasil meres otak temen gue Qias yang sekarang jadi ketua Bioskop. Gue entah kenapa suka editan gue yang ini.
Nah. Skrip dokum, unlike skrip fiksi, diwarnai dengan nama file bertebaran dimanamana. Gue senyum. Itu bakal mempermudah kerja gue.
Harusnya.
Nyatanya, biasanya film 10 menit editan gue jadi dalam 1-3malem, ini dokum 7 hari 8 malem nggak selesai2.
Untuk pertamakali seumur2, gue ngosngosan ngedit. Biasanya pas gue jengah ato kecapean gue tarik nafas, tahan, dan lanjut ngedit (metaphorically speaking). Tapi ini? Gue ngosngosan. Literally.
Ujungnya gue depresi sendiri. Aduh kenapa ini. Akhirnya abis 4 hari ngedit — h-2 deadline gue — gue memutuskan ada satu-dua scene yang gue gamungkin mampu atopun sempet ngerjain.
Terus jadinya, gue dan temen2 Bioskop sepakat mau ngumpul di Photography Muse 6th, acara hasil karya ekskur fotografi sekolah gue (KPPF) tanggal 20 Oktober 2012 bertempat di Rolling Stone Cafe Kemang lantai 2, buat finalizing editan gue.
Nah! Tanggal itu pas banget lapanbulanan gue sama Lysha.
Jadi gue dateng, vote foto, nyari Lysha, ngucapin annivan dll, dan difoto bareng oleh adek kelas.
Tapi waktu itu Lysha bilang ke gue kalo mau ngomong abis Muse ini.
Berhubung gue shock gue ke jendela. Dan gue liat Prin dateng.
Ya gue turun.
Kami saling menyambut dst dst daaaan kita ketemu Ghia dan Ajeng.
Ajeng ini mirip sama Prin. Ghia juga bilang gitu. Ajeng sendiri bilang ternyata banyak yg bilang dia mirip Prin.
So it's like an awkward doppelganger talk.
"Hai, Princess ya? Gue Ajeng. Banyak yang bilang gue mirip lu."
*saling tatap*
"Nggak ah…"
"Ga mirip kok…"
"…ga mirip ah."
Dan mereka saling berkomentar soal betapa mereka ga mirip. Tapi meanwhile Ghia njepret gambar mereka bedua lagi ngobrol dan…
…mereka mirip. Bahkan mereka terpaksa mengakuinya. HA!
Lanjut. Gue ke anak2 Bioskop dan ngedit.
Terus export video.
Aturan sih gue tinggalin aja bisa kan? Nah disinilah mulai ada masalah yang berarti.
Animus (atau Jade. Nama aslinya Jade, tapi gue suka manggil sesuai temanya. Sekarang temanya Animus 2.03 nya Assassin's Creed Brotherhood, jadi gue manggilnya Animus. Kalo lg Tron Legacy ya manggilnya Tron) laptop gue, tiba2 berkedip2 dengan garis dan kotakkotak putih dimanamana.
Awalnya gue kirain karena tile dibawah kompi tempat gue naro Animus basah. Gue pindah.
Masih kedip2.
Kata temen gue mungkin gelombang elektromagnet dari amplifier di atas, karena lg beatbox session.
Hmm. Mungkin.
Jadi Animus gue tinggal sama temen gue.
Selesai beatbox, ternyata apa? Masih kedip2.
Bai. Gue bingung. Untung export masih jalan.
Selesai export vid Animus gue shutdown. Gue takut dia kenapanapa.
Tapi editan ada yang belom selesai. So, sooner or later, Animus dinyalain lagi.
Saat ini kondisi gue masih jeles, shock, dan lainlain soal Lysha (jangan tanya jeles ama siapa, gue juga lupa). Pokoknya bawaan gue bete mulu.
Waktu itu udah malem, jam 7an lah. Animus dinyalain lagi sama anak2 Bioskop biar editan bisa cepet selese.
Awalnya kayanya baik2 aja. Gue mulai tenang.
Gue sentuh touchpad.
Pet. Layar Animus langsung abuabu.
Mampus.
Gue menjatohkan diri ke belakang dengan depresi, dan akhirnya gue storm away dari kerumunan karena gatau mesti gimana lagi.
Gue merasa bersalah ama Bioskop, ama Animus, ama Om, ama Adinda yg sutnya dokum ini, sama gue tau gue gabisa apa2. Overall mood gue tambah ngedrop.
Prin liat gue nyaris nangis saking bingungnya dan narik gue kebawah.
Berhubung dia juga lagi laper, dia ngebawa gue ke RM Padang di sebrang RSCafe.
Disana kita 'ngecul'. Ya ga ngecul juga sih. Confession session. Gue buka semuanya (kecuali baju gue). Yang bikin bete dll. Dan gue mental breakdown disana.
Gue dikasih freepukpuk. Mayanlah.
Ya setelah sekian lama gue mulai tenangan. Tibatiba Lysha ikut dateng ke RMP (rumahmakanpadang) dengan panik minta hpnya.
Terus dia bilang gue dicariin anak Bioskop parah.
Gue, meyakinkan diri gue kalo sekarang gue udah siap, langsung ke RS.
Gue skip aja bagian dimana gue hampir ketabrak mobil.
Gue menemukan anak2 Bioskop lagi pada diem kaya berbelasungkawa dan gue langsung tau ada yg salah.
Terus gue dijelasin semuanya. Gue males panjanglebar. Gini aja: bokapnya Reres, temen Bioskop juga, ngerti servis lappy begonoan. Errornya dianalisa ama dia. Katanya yg penting skrg shutdown sm charge dulu aja.
Tp gada colokan.
Akhirnya kesepakatan Animus dibawa pergi dulu sm anak Bioskop, gue ttp di RS karena ada 'urusan', dan harddisk diambil biar file2 Animus bisa dibuka di lappy lain.
Seakan semua rencana sempurna. Gue tarik nafas dan doa.
Prin suddenly felt fucked up and went to the bar. Masalahnya gue gakuat ama tempat2 beginian.
Thing is, tho, I felt fucked up, too.
Gue nemenin dia. Bawaan gue bete pake parah.
Lysha nanya kenapa. Gue jelaskan dengan brief.
Akhirnya dia mutusin kalo talk yang bakal kita bicarain abis Muse kita bicarain saat itu juga.
Dia bawa gue keluar ke tempat sepi dan jelasin konflik dia jumat malemnya.
Intinya kita maugamau harus putus. Bukan pilihan.
Gue nyaris mental breakdown lagi. Gila apa? Ada juga sehari up and down gitu kan berita sm moodnya? Lah ini down terus!
Anjinglah. Shit happens.
Tp kita ttp unyu. Krn sebenernya kita HTS, bukan pacaran. Kita pacaran dlm hati. Feel takennya dihayati masing2. Orang juga taunya kita pacaran.
Mayanlah. Kalo kita beneran pacaran ntar juga gue samasekali ngga ngerasa rugi punya cewe kaya Lysha.
So sebut aja kita ngebackstreet.
Bego ya? Backstreet malah gue umbar disini. Bodolah. Gue butuh curhat.
Terus…apalagi ya. Oia.
Biaya servis Animus totalnya 1.932.700. Entah duit darimana.
Terus…semenjak itu hari2 gue berlangsung dengan buruk hingga tiba saat gue curhat sama Om.
Mata gue dibuka. Sekarang gue tau harus apa.
Quotenya kira2 gini:

"Lakuin sesuatu dengan keyakinan. Kalo lo yakin, jalan buat pilihan lo bakal terbuka sendiri."

Dia juga jawab semua pertanyaan gue soal hidup yang ngampret, hubungan sama Lysha, dll. Dan dia bilang ke gue, dia tau gue sayang sama Lysha.
Diabisa baca pikiran, dansaat itu gue lagi ragu soal arah gue sama Lysha mau dibawa kemana. Dan itu nyentak gue bangun.
Gue emang sayang sama Lysha.
Barulah hidup gue mulai mending. Kemaren sm hari ini, Jumat-Sabtu 26-27 Oktober 2012, gue kembali mendapatkan Lysha lagi unyumode.
Gue amat, sangat, bersyukur Lysha yang ini balik lagi. Gue kangen juga sama dia.
Oia. Antara goodnews ato badnews. Gue lagi banyak ide buat Myth Jumpers. Tapi Animus lagi rusak.
Yasalam.
So. Itu aja kayanya. Inget, jalanin dengan yakin. Lo bakal liat arahnya nanti. Landasi dari diri lo sendiri dulu. Hidup itu cerminan diri. Kalo idup mulai salah, kaya yang gue alamin, berarti di dirilo ada yang salah.
Oke? Auf wiedersehen, guten Abend, und gute Nacht.
Wass. wr. wb.

-Alfi

0 komentar:

Post a Comment