Sunday, January 9, 2011

3D Game Maker Comparison

Oke, kali ini gue punya dua kandidat program bikin game 3D dan gue bakal bandingin.


Kandidat #1: DarkBASIC Professional
Yang satu ini udah lama bergelut di dunia programming, klw gk slh sjak taun 2003an. DarkBASIC Pro (sering disebut DBPro) make bahasa BASIC yang disederhanakan. Misalnya untuk bikin kubus, daripada ngebikin enam persegi yang diatur koordinatnya biar nyambung, ini tinggal kasih perintah berformat gini:

MAKE OBJECT CUBE number,size


Jadi lebih gampang bikin pake ini. Kelemahannya, tiap mau preview hasil bikinan mesti di Compile lagi dan di run lagi, gak ada live preview nya. Ini screenshot nya:




Kandidat #2: Unity3D
Kalo yang satu ini tergolong baru, mungkin pertama keluar belom berapa taun lalu. Tapi langsung naik pamor. Kenapa? Karena:
a) Perusahaan2 besar kaya EA, Disney, sama Lego Corp. make program ini buat bikin web game mereka. Malah Lego bikin Glatorian Arena downloadable dari source file yang sama!
b) Programming Interface nya mantep. Tinggal dari menu, diatur di Inspector, kasih dikit2 ekstra, klik, drag. Kira2 segitunya doang.
Nah, kemudahan bikin interaksi di interface ini yang bikin Unity3D jadi program bagus buat bikin game 3D.
Kekurangannya adalah kalo belom pernah belajar C++, JavaScript, ato Python gak bakal gampang ngeset asset program ini. Terus sampe sekarang gue masih gak tau gimana caranya bikin player bisa gerak ke sana sini, kamera bisa ke sana sini, sejauh ini gue cuma bisa bikin terrain alias arena nya doang -_-". O iya, Unity3D juga punya live preview (ini keunggulannya dibanding DBPro).
Screenshot:





Yak, itulah dua program yang gue pake. Sekilas sih, Unity3D menang jauh ama DBPro -- gue juga ngerekomendasin yang ini dibanding yang satunya -- tapi DBPro juga ada untungnya. Loading nya dong...Startup DBPro gak pake embel2. Unity3D mesti diset duu, di decompress dulu, di compile dulu....lama bat. Terus DBPro ukuran filenya separonya Unity3D, jadi lebih enteng buat memory. DBPro juga gak perlu video card yang kuat2, yang penting support 3D graphics aja, kalo Unity3D mesti yang cepet soalnya kita ngadepin scene yang kita buat di game kita secara langsung.
Well, tapi gue akui, gue bbrp kali lebih pilih Unity3D dripd DBPro. Walaupun gue masih ttp mau coba bikin di DBPro kalo udah mudeng BASIC nanti.
Kalo kalian ada yang bisa ajarin gue, langsung kontak ya. Comment aja di post ini...
So, in the meantime, once again, wish me luck! :)

-Alfi

0 komentar:

Post a Comment