Saturday, December 11, 2010

Cinta???

Sebenernya, apa sih cinta itu?
Ada banyak banget definisi di luar sana. Dari yang pendek, padat, jelas, gombal, panjang, belibet, berbahasa bapak profesor, romantis, alay, autis, dan cerdas juga ada.
Tapi menurut gue....
Kalo mau ngebahas tentang apa itu cinta, kita mulai dari bbrp hal terkait dulu....
Misalnya tentang ciri2 orang jatuh cinta.
Orang yang lagi jatuh cinta itu biasanya kaya orang mabok. Gak selalu, cuman kalo deket sama orang yang disukain ini, biasanya keliatan bingung -- "Caper apa enggak ya? Kalo caper malu sendiri gue, tapi kalo kagak keburu dianya kagak nganggep gue ada di dunia!" -- ato ada gelagat2 tidak sesuai awalnya.
Pengalaman pribadi: gue pernah ada ide lawakan super kocak wkt kls 5 SD, tapi pas mulut gue udah mbuka mau ngomong, cewek yang gue sukain slm 3 thn berturut2 lewat di depan gue, gue ceritanya distracted, dan karena panik, gue ngomong guyonan lain yang jayus gila. Parahnya, gue ngomong itu KENCENG BANGET ampe selorong sekolah pasti denger. Sumpah, itu malu2in banget.
Orang yang lagi jatuh cinta, kalo nggak bisa nguasain diri sendiri, bakal bertindak baru berpikir.
Misalnya ada cowok naksir cewek.
Cewek: "Eh say bisa tolongin aku nggak?"
Cowok: "Ngapain, say?" <-make 'say' ikut2an si cewek dengan lagat SKSD
Cewek: "Traktir aku kentang dooong."
Cowok: *kaget* "Yang 8rb itu?" <-duit jajan cuman ceban
Cewek: "Iyaaa."
Walhasil si cowok mbeliin tuh cewek kentang tanpa mikir. Pas pulang sekolah.
Cowok: "Nah duit gue ceban kemane tinggal 2rb? Mampus nih kalo ketahuan nyokap!"
INI HANYA CONTOH, bukan pengalaman gue tapi kalo ada yang pengalamannya sama, well lo baru aja jadi eksis di sini.
ALHAMDULILLAH, selama ini gue bisa nguasain diri. Gue disuruh2 yang gue turutin yang baik2 doang. Kalo dah mulai ngerepotin pasti gue tolak atogak gue bacotin dulu tuh cewek ampe mau meres permintaannya jadi yang affordable.
Teruuus. Kalo orang lagih jatuh cintrong, dia gak bisa ngilangin bayangan hal yang dicintai itu dari pikirannya soalnya udah terlanjur kecetak ke ati jadi gak bakal ilang2 segampang itu.
Nyanyi pake suara Maya Estianti ama Mulan Jameela:
"Aku mau makan? Ku ingat kamyu. Aku mau tidur? Juga ingat kamyu. Aku mau jalan? Kok ingat kamyu. Sumpah, ini lagu kaya orang jadi gilaaa"
<-garing
Oke, lanjut. Ciri yang barusan udah bener2 terpraktikkan dalam hidup gue. Gue naksir cewek bbrp kli, tp cuman 3x gue bener2 ngerasa gue yakin gue cinta ama nih cewek, dan biasanya pas gue ngerasa gitu, ini rasa bertahan lama banget.
First love gue? Dia megang rekor juara kedua dengan lama gue naksir dia 2 tahun! Terus temen gue di SMP ini, si kecil imut unyu2, dia megang juara tiga dgn lama gue naksir dia 1,75 tahun! (dia yang mencampakkan gue :( sakit ati gue tauuu) Dan juara pertama? Dia temen SD gue. Perfect in many ways. Skrg dy masih sering bantu gue. Gue naksir dia untuk hampir 3 tahun selama periode gw kls 3-gw pertengahan kls 6 (krn ujung2 kls 6 gw dpt pacar pertama gue).
Lanjut. Itu 3 pemegang rekor KURA2 (Kumpulan Rekor Alfi Aja) dalam kategori cinta. Gue harap suatu saat nanti gue bisa bener2 cinta sama cewek dimana dia juga sayang gue, kita tulus, terus pas udah siap nikah, punya anak lucu2, terus sekeluarga usahanya ningkat jadi berkecukupan, terus mati dengan tenang masih saling mencintai dgn si kekasih dan masih sayang pada anak (AMIIIIN).
Nah, itu 3 ciri2 orang jatuh cintrong -- paling nggak kalo udah cinta gila, sampe terobsesi karena ada bbrp ciri yg ga cook ke gue hehehe.
Sekarang pertanyaannya, gimana sih orang bisa jatuh cinta?
Kalo kita punya pacar kan bilang, "Kamu akan selalu ada di hati akuu." tapi yang bener, cinta itu datang dari otak, loh!
Begini bedanya. Hati itu oragan di tubuh manusia, letaknya kanan bawah diafragma. Fungsinya menghasilkan zat empedu u/ menetralisir racun dalam zat yang dikonsumsi sebelum mulai ke penyerapan sari2. Kalo otak, itu organ di kepala, dilindungi tengkorak sama plasma tengkorak untuk anti goncangan, dan punya milyaran sel neuron. Tiap sel mengokupasi sepersekian lipatan di otak. Kerja sel2 ini saling sinergis. Beberapa sel di otak kanan bisa membuat otak kita lebih berkreasi dengan semua input impuls, walhasil otak kanan kita ini jagonya imajinasi, kreasi, dan seni. Sementara di otak kiri, sel2 neuronnya lulusan S3 UI matematika. Otak kiri kita paling aktif kalo digunakan u/ memproses suatu hal yang bernilai logika dan ingatan, misalnya fisika, kimia, mat, ama bio.
Tapi fungsi otak gak terbatas sampe situ. Otak juga yang ngatur refleks, gerak organ tak-sadar (jantung, usus, dll), hormon2, dan lain2. Nah, otak kita juga bisa berkreasi. Kita jadi bisa mendefinisikan 'cantik' ato 'ganteng' secara relatif, karena input yang kita dapet itu beda2.
Beginilah proses dimulai. Asumsikan seorang cowok. Waktu dia liat cewek yang seuai dengan prinsip2nya dalam kategori 'cantik', hormon yang namanya pheromone bakal disekresi. Waktu hormon ini nyebar, otak memprosesnya sbg reaksi yang baik dana diktif. Ples, otak bilang "Ini cewek pemuas mata, liatin aja terus, seneng dah lu." ujung2nya, si cowko bisa ampe ngerasa ngefly kalo terus2an liat cewek ini.
Sekarang gue tanya buat lu yang udah pada pacaran: kalian ngerasa seneng gimana gitu nggak kalo liat orang yang kalian suka? Ngerasa ada yang kocak, dan pengen ngedeketin? Nah, rasa cinta ini, paling nggak thdp ssama manusia, itu tanggung jawab hormon feromon ama otak kita.
Nah, kalo lo udah bosen dgn sesi biologi dari Bapak Alfi, kita lanjut ke tajuk utama:
Jadi, cinta itu apa?
Yang pasti:
- Cinta itu adiktif
- Cinta itu termasuk charger (hal alami/sifat alami manusia yang bisa meningkatkan kemampuan fisik dan psikis manusia secara instan dan temporer). Kalo orang udah jatuh cinta, demi yang dicintai dia bakal bisa melakukan APAPUN (well, hampir apapun. Kalo gak percaya coba aja, mendadak niat tekad jadi kuat, terus bakal berusaha yang terbaik demi mencapai hasil demi si kekasih. Kalo gagal ya takdir).
- Cinta itu bertahan lama
- Cinta itu nggak bisa didapat begitu saja
- Cinta bisa mempengaruhi kondisi fisik dan psikis manusia hingga mengalami progresi (seperti prinsip charger di atas) atau degradasi (contoh: depresi kalo putus cinta)
- Cinta gak bisa dijelaskan secara ilmiah (kalimat ini ngebikin postingan panjang gue ini menjadi sampah :( asem banget dah)
- Cinta bisa ngebikin orang merasakan 'surga dunia', tapi di sisi lain, cinta juga cukup untuk ngebunuh orang (bunuh diri krn depresi, ngebunuh krn cemburu, dll)

Nah, dari kesimpulan2 di atas, kalian bisa kan nebak sendiri cinta itu apa?
Oke, sekian dari gue!

-Alfi

0 komentar:

Post a Comment