Monday, December 27, 2010

TR2N Origins

Jadi...ceritanya...gue ketagihan main game fanmade judulnya 'TR2N Origins'.

Apa sih yang spesial banget dari game ini?
Sebenernya, nggak banyak. Gue suka game ini karena dia itu game yang didasarkan sama Light Cycle Arena di film sequel Tron. Tapi game ini beda sama game Lightcycle yang lain karena bbrp alesan:
1) TR2N Origins make Lightcycle edisi TRON: Legacy. Bukan desain original di film Tron 1982, tapi desain yang baru. Gue suka banget sama desain ini, dan begitu tau TR2N Origins itu satu2nya game open source yang make desain ini sbg defaultnya, gue girang banget. Sementara rata2 game open source sejenis (Armagetron Advanced, GLTron, Armagetron Original) didasarkan sama konsep Lightcycle yang klasik (dan sumpah gue ga suka desainnya).
2) TR2N Origins itu gamenya Multiplayer Online. Jadi bisa ikut salahsatu server dan main bareng sama player lain di seluruh dunia. Gue aja pernah main berempat sama orang Aussie, USA, sama Kanada. Terus kita juga bisa Host LAN Game kita sendiri, ato Join LAN Game yang udah dihost temen kita.
3) TR2N Origins yang online, servernya banyak banget! Dan tiap server beda aturan mainnya. Misalnya server High Noon itu aturan mainnya tembak2an. Jadi kita make Lightcycle kita untuk nembak musuh, sementara kita ngehindarin tembakan musuh. Terus Dogfight itu duel klasik Light Wall. Kalo Capture The Flag (sering disebut CTF) itu kita rebutan ngambil bendera lawan sambil ngejaga bendera sendiri. Waktu udah dapet bendera lawan, kita harus cepet2 balik ke base kita sendiri. Ini maenan kelompok, jadi teamworknya harus kuat. Belom lagi aturan2 lainnya kaya Fortress, dan macem2 lagi. Ada juga Tourney server, ini server khusus Turnamen.
4) TR2N Origins ini bener2 open source secara harafiah. Game ini hampir sebagian besar layoutnya itu fully customizable. Gue aja udah ngeganti splash screen gamenya dgn gambar yang gue desain sendiri, background menunya juga gue ganti, gue sempet ngotak atik ikon aplikasinya, dan ada fitur khusus di game yang disebut 'MoviePacks'. Fitur ini ngerubah tampilan gaming environment. Waktu kita mulai game, kalo kita make MoviePack yang berbeda, tampilannya bakal beda. Misalnya, Light Wall yang dihasilkan sama Lightcycle. Di MoviePack 'Legacy' sama yang ttg hutan, Light Wall nya beda abis. Terus lantainya. Terus lengit2 arenanya. Terus dinding arenanya. Belom lagi, desain Lightcycle nya juga! Yang paling seru, kita bisa bikin MoviePack kita sendiri loh. Terus kita bisa pamerin MoviePack kita di forum resminya. Kalo hoki, di rilisan game yang versi berikutnya, MoviePack kita bisa masuk slhstu MoviePack built-in!
5) TR2N Origins punya banyak camera view angle waktu udah masuk The Game/The Grid/ The Game Grid (ini istilah2 yang sring dipake player2 TR2N Origins). Ada angle Standard, jadi kita liat dalem mode third-person dimana kita ngekor di belakang Lightcycle kita dari atas. Terus mode Cockpit dimana kita liat dari kokpit Lightcycle kita (jadi kaya driver). Terus ada mode third-person distanced jadi kita liat kaya mode Standard tapi dari jarak jauh (di luar Grid). Terus ada mode Sky-View jadi kita ngeliat permainan dari atas dgn ngekor Lightcycle kita. Agak pusin dan pandangannya terbatas banget, tapi lumayan oke kalo mau liat pertandingan dari tampak atas. Terus, yang paling gue suka, ada mode perspektif smooth ato Special. Mode ini ngikutin Lightcycle kita, tapi gerak kameranya alus dan keren abis. Kaya kamera dokumenter di filmnya. Kameranya ngikutin lewat sudut pandang acak, tapi alus dan jujur, kalo main pasti gue make mode perspektif yang ini. Nah, dari semua mode perspektif tadi, kalo mau zoom in view-nya pencet tombol 'I' kalo zoom out nya pencet 'O'. Gue udah bikin video sendiri dimana gue Spectator (cuma penonton) dan gue bikin komputer lawan komputer. Gue pake perspektif Special dan gue ngikutin gerakan tiap motor satu2 (ganti2an, terus zoom in zoom out kaya lagi ngerekam pertandingan). Hasilnya keren abis!
Itu baru bbrp kelebihan yang gue suka dari TR2N Origins. Masih banyak lagi fitur yang bisa digali sendiri scr otodidak. Misalnya, kalo main yang versi online, pencet T buat chat dan biarin autopilot nolong Lightcycle kita biar nggak nabrak dinding selama kita ngetik chat. Terus ada istilah Grinding, jadi kita nempel dan ngegesek Light Wall entah punya musuh ato temen buat nambah kecepatan (terbukti jitu) ato tombol C buat rem. Kalo penasaran pengen nyoba, silahkan download di sini: www.tr2norigins.net.

0 komentar:

Post a Comment