Saturday, December 4, 2010

The Unseen Guardian

Based on true story. WAIIT edit: THIS IS A TRUE STORY.
-
Gara2 renovasi, kelas gue dipindah temporer ke aula. Sekolah gue ini tiga tingkat, dan bentuk bangunannya kaya huruf U. Nah, dua bagian bangunan lagi dibetulin, dan cuman separo tanah lantai satu yg bisa dipake. Salahsatunya aula itu sendiri.
Aula sekolah gue cukup luas. Emang panas sih, AC di situ udah jadi isu sejak jaman bahela. Tapi no prob lah, yang penting ke sekolah dapet ilmunya (ato cewek2 imutnya), iyagak?
OK. Karena luasnya, aula gue jadi tempat pindah temporer dua kelas: 9B (kls gw) ama 9C. Tempatnya 9C deket pintunya, jadi 9B kebagian yang separo ke dalem. Dan itu tempat (menurut guru mtk gw tersayang Bu Asmiaty) bau tai tikus.
Kurang bagus apa coba? Namanya juga SMPN 41 Jakarta SSN++ (Sekolah Standar Nasional + SUHU ABNORMAL + LOKASI "NYAMAN").
Nah, masalahnya, udah jadi rahasia umum kalo ruang aula di sekolah gue yang nan gelap kalo semua gorden+jendela ditutup itu ada penunggunya. Kasak-kusuk nih, si penunggu ini tipe yang ga nyante.
Mas Rusmana aja ngaku, kalo dia ga bisa mulai ngebersiin aula kalo ga minta ijin dulu.
"Permisi, saya cuma ingin membersihkan ruang aula ini. Begitu selesai saya akan segera pergi, saya tdk akan lama2."
Terus ngucap salam, baru masuk aula. Dia bilang kalo gak pake izin begitu, dia entah gimana bakal ditolak dari aula (gue ga tau detailnya).
Waktu itu hari apa ya? Gue ga inget. Yang pasti ada kejadian yang mulai jadi2an.
Pokoknya waktu itu pertama kali gue nyadar pintu gudang di seberang pintu kantin suka buka tutup sendiri. Tapi buat gue waktu itu masih cukup wajar, soalnya waktu itu ACnya mati dan panasnya NAUDHUBILLAH. Terus beberapa hari kemudian baru deh sahabat gue tercinta Luthfia Annisa (abis ini direfer dengan nama Luna) yang bisa liat makhluk ghaib (kadang2) bilang kira2 gini.
"Fi, ada tuh."
Dia bilang gitu sambil ngelirik ke gudang yan gpintunya separo-ngebuka. Mendadak gue ngerti maksud die.
"Dia kaya gimana?" gue nanya.
"Kecil," kalo gasalah Luna jawab gini. Pokoknya si penunggu ini kaya orang kecil (ato anak kecil, gue gaterlalu inget) dan katanya dia lagi nunduk apa ngeringkuk gitu. Gue lupa detailnya, maklum yeeeh :)
Pokoknya waktu itu mendadak pintunya mulai gerak. Dan ngayun. Pelaaaan banget. dan 'cklek' pintu itu pun nutup. Belom berapa lama, pintu itu mulai ngayun mbuka lagi.
Gatau kenapa, tapi rasanya ada angin lewat, padahal waktu itu semua pintu+jendela ditutup karena AC udah nyala walaupun ga kerasa). Saking panasnya dan saking ga kerasanya AC, gue bahkan meragukan ada angin bisa lewat.
Dan bulu tengkuk gue merinding.
Gue ama Luna langsung ngadep belakang dan bilang ke sohib kite Rara.
"Eh Ra," kata gue, "di gudang ada tuh."
Dia, kaya gue, juga langsung ngerti.
Mungkin sebelum lanjut, sebaiknya kita flashback dikit. Oke, ga dikit2 amat, tapi flashback lah.
Akhir tahun kls 8 gue, seangkatan jalan ke Jogja. Temen gue si Rizaldy ngeliat ada satu 'penunggu' yang kayanya entah tertarik ama Rara, ato Rara gasengaja ngeganggu habitatnya. Walhasil, dia ngikutin Rara.
Note: Rizaldy bisa liat makhluk ghaib.
Si Rizaldy/Aldy ini udah berusaha ngasi warning ke Rara soal ini, tapi si Rara jadi takut bukan main dan ujung2nya mereka berantem, marah2an ampe berapa bulan taudah.
Yang penting, skrg mrk udah damai. Tapi si Rara ttp aja takut kalo dikasitau ada makhluk ghaib di sekitar dia.
"Ah, jangan gitu dong Fi," kata dia pake nada protes. Gue ama Luna cuman nyengir.
Pokoknya, abis itu kejadian mulai parah.
Gue tau bbrp tips menghindari 'diikutin' ama jenis2 'mereka'.
#1: Jangan pernah NGELIATIN ke arah mereka atau sekitar mereka terlalu lama, atau mereka bakal ngira kontak mata lagi diusahain. Salah2, mereka nampakin diri. Lebih parah, mereka ngekorin loe.
#2: Jangan pernah NGADEP ke arah mereka ato sekitar mereka trlalu lama. Efek idem.
#3: Kalo ada yang bisa ngerasa/ngeliat mereka dan orang itu ngasitau ke kita ttg itu, sebaiknya dengerin. Langsung percaya emang ga disaranin, cuman ga ada salahnya hati2 kan?
#4: Begitu kerasa ada penunggu, segera ucapkan salam. Assalamualaikum lebih dianjurkan, kalo perlu bisikin keperluan loe di tempat dia itu.
Nah. Waktu itu gue lagi ngobrol ama Luna krn dy ddk di sblh gue. Dan pojok mata gue gasengaja nangkep gerakan dari pintu gudang. Merujuk ke tips pertahanan diri #1 di atas, gue ga ngeliat langsung. Tapi pojok mata gue ngerekam tiap detailnya.
Gerakannya udah jelas bukan krn ditiup angin. Gue bisa jamin itu. Waktu itu pintunya lagi ngebuka, dan gerakannya itu kaya pintu itu DIBANTING.
JEBLAK.
Pada noleh ke pintu, kaget, bbrp takut, tapi terus pada cuek lagi.
Gue abis itu gaberani lagi merhatiin, tapi terus pintu itu gerak lagi. Gerakan ngebukanya juga nggak dalam kecepatan normal pintu kalo ditiup angin atau ada beda tekanan di dua lapisan.
Gerakannya kaya DITARIK orang dan kecepatannya agak random.
Loe harus tau: gue MERINDING se merinding2nya gue, karena gue ngerasa mendadak ada yang dingin2 lewat gue dan rasanya nggak kaya angin.
Sumpah, itu serem banget.
Tapi kejadian paling parah itu tadi.
Gue, Luna, Elma, ama Restu mutusin pengen pulang telat abis PMK (Pendalaman Materi Khusus) karena Senin depan ujian. Si Luna pengen belajar dulu abis PMK, ya nanya2 gue ama Restu (cowok. Gue ama dia punya 2 kesamaan: SATU kita naksir cewek yang sama, DUA kita jadi semacem tutor buat Luna karena pasti Luna nanya2 macem2 ttg pelajaran ke kite) ttg yg dia belom ngerti.
Kita belajar dgn tenang. Terus mulai ngobrol. Lama2, tinggal kita berempat doang di kelas. Nah kita belajar sampe becandaan.
Gue sempet merhatiin pintu itu gerak2. Tapi gue (yang tadi pagi udah ngucap salam) ngucap salam lagi bisik2 dan istighfar. Tuh pintu diem lagi.
Kejadian sama bbrp kali berulang. Kita mulai belajar ambil ngobrol lagi. Tapi
BRUAAKKK!!
Pintu itu ngejeblak KENCENG BANGET (ato mungkin itu cuman karena lagi sepi) tapi ga cuman itu: waktu gue noleh ke sumber suara, gue liat ada sesuatu melayang kenceng banget ke gue dan bikin pandangan gue kabur untuk sejenak.
Mendadak gue ngerasa ga enak.
Yang lain (kecuali Luna) jadi tenang lagi Tapi gue ngerasa sesuatu. Bukan cuma merinding, gue biasanya merinding kalo cuman diliatin ato ada yang deket gue. Kali ini gue ngerasa dingin gimana gitu. Dan gatau kenapa mendadak pikiran gue kacau: gue gabisa mikir jernih, dan lebih parahnya, paranoid gue keluar.
Pokoknya rasanya gila banget. Gue sendiri percaya lo bakal tau rasaya kalo lo pernah didatengin penunggu yang sifatnya ngeganggu dan ga ikhlas ada orang dateng ke tempatnya.
Yang ngerasa ini gacuman gue. Luna mendadak gelisah, dan belom semenit abis pintu itu ngebanting sendiri, dia mendadak ngerapiin buku2 dia dan ngajak cabut.
Gue langsung setuju.
Begitu ngelangkah keluar aula, rasanya perasaan serem gue tadi ilang semua.
Astaghfirullah al-adhiim.
Gue berbagi ini cuman buat siapapun yang baca ini biar lebih ati2 kalo dateng ke aula SMPN41, karena kita gatau apa yang bakal terjadi kalo salah menangani keadaan.
-
Sampe sekarang, gue masih merinding kalo deket2 pintu gudang gatau kenapa.

0 komentar:

Post a Comment