Wednesday, December 15, 2010

Tablatur

Belakangan ini, kalo main gitar, gue lagi fanatik sama yang namanya Tablature atau istilah pendeknya dikenal dengan nama 'tab' ato 'tabbing'. Gue suka ini karena menurut gue mainnya asik.
Gak kaya chord yang tinggal pasang jari dan genjreng,
gak kaya solo yang main bass dan melodi tapi gak pake lagu,
tabbing main bass ama melody barengan tapi melodinya ya melantunkan iringan solo plus lagu. Jadi kaya main lagu one-man-band dimana gak perlu iringan bass dan gitar dan vocalist, tinggal perlu satu gitar dan itu udah bisa main satu lagu penuh.
Contohnya, Fur Elise. Gue diajarin ini ama tmn sklh gue yang dewanya tabbing, dan skrg gue udah lemayan. Jadi main lagunya yang terkenal itu yang E D# E D# E (neng nong neng nong neng) pake melodi, tapi iringan bassnya juga siap, jadi kaya orang main piano (ada bass ada melody). Ato Greensleaves. Ato Minuet. Ato bahkan Tuhan (Aku jauh, Engkau jauh, aku dekat Engkau dekat...hati adalah cermin...dst.) dan Hymne Guru (yang satu ini gue ngasal2 ketemu).
Main tabbing juga berarti mainnya petikan bass dan melody harus bisa dipetik dengan jeda dikit ato bahkan bareng, Ini artinya main tabbing make jari dan bukan Pick -- ini nambah satu lagi alesan gue ga mau pake Pick kalo main gitar.
Entah kenapa, belakangan gue lagi fanatik ama tabbing lagu klasik. Nyokap gue ngajarin gue Greensleaves ama lagu yang gue gatau judulnya apa, tapi enak banget. Terus gue diajarin Fur Elise ama temen. Terus Minuet belajar ndiri (cari di internet).
Sekarang gue lagi memperhalus main keempat lagu tersebut dan memastikan bisa apal Hymne Guru di luar kepala.
Oke, wml~!

-Alfi

0 komentar:

Post a Comment