Monday, December 20, 2010

TRON: Legacy

Oke, gue udah nonton TRON: Legacy rame2 sama temen2 baik gue Luthfia Annisa, Restu Andreza, Faizal Moeis, Elma Nadhira dan itu film bikin dua temen cewek gue ampe nangis waktu di endingnya.
Film ini, menurut gue, udah ngisi kriteria film bagus. Animasi? Oke punya. Aktor? Boleh juga aktingnya. Storyline? Rasanya singkat banget, tapi adegan2nya seru! Musik? No doubt. Satu2nya kelemahan film ini tuh kecil banget, dan bisa dibilang nggak ngefek. Kelemahannya yaitu RELEVANSI JUDUL. Judul filmnya TRON: Legacy, tapi samasekali nggak nyinggung apa2 tentang Tron. Malah karakter Tron di situ di reuse sama Clu jadi antagonis namanya Rinzler.
Well? Tapi menurut gue, sebenernya judulnya kaya gitu biar ada relevansi bukan sama cerita, tapi sama sekuel sebelumnya, film Disney judulnya TRON yang dirilis tahun 1982. Ini judulnya TRON: Legacy karena ini lanjutan dari film itu.
Oke, jalan cerita.
Waktu kecil, Sam Flynn selalu diceritain tiap malem sama bapaknya Kevin Flynn (programmer, CEO perusahaan tech industry Encom -- baca En-kom -- dan tokoh utama di film 1982) tentang dunia digital yang namanya The Grid. Disebut sbg "a world of infinite possibilities", dunia dengan kemungkinan yang tak terhingga. Karena diceritain tiap malem, lama2 Sam pengen bisa ke Grid.
Tapi waktu cerita bapaknya baru tengah jalan, dengan kalimat terakhir "a miracle happened", Kevin ilang. Akhirnya Sam tumbuh besar jadi anak nekat, bandel, tapi pinter turunan bapaknya.
Nah, ceritanya udah bertahun2, Sam udah dewasa, partner Kevin yang namanya Alan Bradley (dia yang bikin program Tron untuk ngelindungi The Grid) dapet Page (pesan, macem Email lewat alat komunikasi yang dibikin Kevin) dari kantor Kevin di Arcade (yang, ironisnya, sebagian besar game di arcade ini buatan Kevin sendiri).
Sam pun investigasi. Dan dia gak sengaja nemu kantor bokapnya. Di situ, dia nyari petunjuk tentang Page aneh itu.
Ujung2nya, dia ngeaktivasi Laser Control -- ini digitizer yang ngubah makhluk hidup jadi digit dunia maya.
Sam akhirnya masuk The Grid. Tapi, karena belom punya Identity Disc, dia dianggep program ilegal dan dihukum main Tron Games -- ini semacem adu gladiator, tempat tempur ato sampe mati.
Kira2 gitulah, Sam berantem sama program lain, dan sedikit2 dia belajar. Tapi pas lawan Rinzler, program algojo yang paling kuat, Rinzler nyadar kalo Sam itu User bukan program.
Sam dibawa ke Clu.
Awalnya, Sam ngira Clu itu ayahnya. Tapi terus sedikit2 keluar tanda dan akhirnya Clu ngaku dia bukan ayahnya Sam.
Sam dibuang ke Arena dan dihukum main Light Cycle. Ini adegan udah ada dari sejak film pertamanya. Di arena ini, pemain naik motor yang bakal ninggalin jejak cahaya yang bentuknya kaya tembok, disebut Light Wall. Kalo ada motor yang nabrak Light Wall, langsung ancur.
Jadi aturannya sederhana: hindari Light Wall lawan, buat lawan nabrak Light Wall kita.
Sam, yang dewanya ngedrift, nerima tantangan Clu dan main ama program lain lawan pasukan Clu (lima lawan lima).
Awalnya pihak Sam dibabat, tapi pas tinggal Sam ama program lain, mereka kerjasama dan berbagi strategi, satu persatu numbangin timnya Clu.
Tapi akhirnya temen Sam itu pun gugur. Nah, pas itulah Quorra (program temen Kevin) masuk naik mobil dan nolong Sam.
Sam dibawa sama Quorra ketemu Kevin. Akhirnya Kevin ngejelasin berbagain motifnya Clu, dan Sam mutusin kalo dia mau nolong Kevin keluar, Sam harus nolong dari luar karena waktu Sam masuk dia ngebuka portal. Kalo Clu sampe keluar duluan, dia ama program2nya bakal ngebuka tirani di dunia manusia.
Terus Kevin ngejelasin tentang miracle yang dia bilang dulu terjadi di Grid. Ternyata, seperti kehidupan, kondisi program Grid yang memungkinkan menghasilkan 'makhluk hidup' -- program yang terbentuk sendiri dari alamnya. Program2 ini disebut ISO (Isomorphic Algorithm -- Alogaritma Isomorfik).
Ceritanya Clu cemburu karena Kevin nganggep para ISO lebih sempurna dari Clu, akhirnya Clu ngebangkang ama program lain yang dia recycle. Tron bertarung ama Clu biar Kevin bisa kabur, karena Information Disc punya Kevin itu isinya segala source code tentang The Grid -- kalo Clu dapet, dia bisa ngebuka semua rahasia The Grid. Termasuk jalan2 keluar dari Grid ke dunia nyata.
Terus Clu ngalahin Tron, dan para ISO digenosida sama dia. Portal ditutup, jadi Kevin terjebak di dunia program.
Nah, akhirnya, Sam punya rencana sendiri. Dia pengen ke portal duluan biar bisa bantu Kevin dari luar. Quorra awalnya nggak mau, tapi ujung2nya dia ngasih kontak program yang namanya Zeus/Zuse (gatau yang mana yang bener) yang tahu segalanya untuk ngebantu Sam.
Sam sebenernya berhasil nemu program itu, tapi ternyata program itu udah bikin appointment sama Clu biar Sam bisa ditangkep. Quorra nolong Sam, tapi dia kehilangan tangan dan jatuh koma waktu duel. Akhirnya Kevin sendiri dateng nolong Sam. Sam sama Quorra selamat, tapi Kevin akhirnya kehilangan Discnya.
Karena itu, Kevin akhirnya milih jalan Sam: cepet2an sama Clu ke portal. Kalo dia duluan, dia bisa shut down program Clu dari luar dan ngegagalin semua rencananya.
Sambil jalan, akhirnya Sam tau kalo Quorra itu ISO terakhir yang bisa diselametin sama Kevin. Begitu program Quorra direboot sama Kevin, dia meditasi.
Tapi mereka dikawal sama dua pesawat Black Guard.
Ternyata ada perubahan rute. Clu ngumpulin semua program -- termasuk ISO -- biar bisa dia reuse jadi pasukan dia karena Clu gak bisa bikin program sendiri. Sam punya rencana buat nyelametin Quorra, nahan Rinzler untuk sementara, sama tetep jalan keluar ke portal lebih cepet dari Clu. Termasuk dapetin Disc Kevin lagi.
Sebut aja, rencananya sukses.
Tapi Rinzler sama Clu nyadar Discnya ilang, dan mereka langsung ngejar Sam dkk.. Di jalan mereka ketemu, dan mereka duel lagi.
Ternyata jetfighter yang mereka naikin itu spesial. Nggak cuman mereka bisa bikin Light Wall, mereka bisa nembak sambil duel.
So, mereka duel Light Cycle lagi, tapi pake Jetfighter jadi duelnya ke tiga sumbu X, Y, ama Z (tiga dimensi nggak cuman ke kanan-kiri kaya naik motor).
Pokoknya, sepanjang film, adegan favorit gue itu tiap duel Light Cycle!
Akhirhnya Sam dkk berhasil ngalahin pasukan Clu dan ngebalikin Tron 'ke jalan yang benar', tapi Clu masih idup dan dia nyolong satu Jetfighter lagi dari Tron.
Clu nyampe portal duluan.
Kevin ngasih distraksi, jadi Sam bisa ke portal duluan. Akhirnya Sam ama Kevin berantem, sementara Quorra sama Sam jalan ke portal.
Kevin kalah dan Discnya diambil.
Tapi di sinilah rencana Kevin jalan. Disc yang dia pake ternyata Discnya Quorra. Jadi si Clu nyesel, dia udah terlanjur ngancurin jembatan ke portal tapi dia sendiri nggak dapet Disc punya Kevin.
Kevin lanjut ke phase berikutnya. Dia langsung eksekusi perintah reintegrasi sama Clu -- ini satu2nya cara shut down program Clu kalo dia nggak sempet keluar untuk matiin program scr manual.
Di sini, temen2 cewek gue nangis karena Kevin mati.
Energi dari reintegrasi itu nggak cuman ngancurin Kevin ama Clu, tapi juga seluruh Grid...walaupun nggak diketahui apa Tron bisa selamat ato nggak karena dia tenggelem waktu Clu nyolong Jetfighter cadangannya.
Tapi dibalik semua kekacauan, Sam sama Quorra akhirnya keluar ke dunia nyata.
Happy ending lah. Sam ngambil alih Encom lagi karena itu emang haknya sbg pemegang saham terbesar, Quorra ke dunia nyata dan mimpinya liat matahari terbit terkabul, dan dia sama Sam kayaknya udah ada fondasi untuk jadi 'sesuatu yang lebih besar'.

Aw, jari gue pegel nulis ini! Jadi segitu dulu yak. Pokoknya, gak nyesel deh nonton TRON: Legacy!

0 komentar:

Post a Comment